Udah Tau Belum? Ini Sejarah dan Mitos yang Ada di Ranca Upas

Selain memiliki panorama yang memanjakkan mata serta memiliki udara sejuk, nyatanya wilayah Ranca Upas memiliki sejarah yang unik serta mitos yang beredar hingga kini di masyarakat sekitarnya.

Mustafa Iman
Sabtu, 11 Maret 2023 | 10:08 WIB
Udah Tau Belum? Ini Sejarah dan Mitos yang Ada di Ranca Upas
Ranca Upas. (Peter Saputra/Flickr)

Poptren.suara.com - Pihak pengelola wana wisata Ranca Upas akhirnya menutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan, Jumat malam (10/3/2023). Hal itu disebutkan sebagai salah satu upaya untuk memulihkan kembali padang sabana serta mengembalikan ekosistem yang rusak, akibat terdampak event motor trail yang berlangsung akhir pekan lalu, Minggu (5/3).

Selain memiliki panorama yang memanjakkan mata serta memiliki udara sejuk, nyatanya wilayah Ranca Upas memiliki sejarah yang unik serta mitos yang beredar hingga kini di masyarakat sekitarnya.

Tak banyak memang yang mengetahui sejarah Ranca Upas. Potren akan mengulasnya dengan menyarikannya dari berbagai sumber.

Rancaupas awalnya hanya diketahui sebagai bumi perkemahan dan penangkaran rusa, hingga akhirnya pihak pengelola menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata. Kamu dan keluarga bisa berkemah, masuk ke area penangkaran rusa dan memberinya makan, hingga berendam di dua kolam renang air panasnya. Bahkan Anda bisa menemukan taman bermain, warung-warung hingga coffee shop.

Baca Juga:Akibat Event Motor Trail, Wisata Ranca Upas Tutup Sampai Waktu yang Tak Ditentukan

Ranca Upas cukup populer di beberapa waktu belakangan, karena dianggap sebagai salah satu wana wisata alternatif selain tempat wisata Kawah Putih, yang masih dalam satu wilayah di kawasan kaki Gunung Patuha tersebut.

Sejarah menyebut, awalnya Ranca Upas hanya salah satu tempat pelatihan Kopassus yang berupa hutan belantara dengan rawa yang luas. Setelah hutan tersebut aman dari binatang buas, Ranca Upas pun dijadikan hutan lindung oleh pihak Perhutani dan kemudian membukanya sebagai sebuah bumi perkembahan.

Upas, sosok penjaga 'gaib' keturunan Belanda

Ranca Upas. [Kurnia Lim/Flickr]
Ranca Upas. (sumber: Kurnia Lim/Flickr)

Mengutip Food Traveller Bandung, Ranca Upas sendiri memiliki makna khusus yang diambil dari bahasa Sunda. Ranca artinya rawa dan Upas merupakan petugas Perhutani/ranger yang melegenda di wilayah Gunung Patuha.

Diceritakan, jika Upas merupakan sosok petugas berbadan kekar setinggi 198 cm berkebangsaan Belanda. Upas meninggal saat melaksanakan tugas untuk menjelajahi rawa di kawasan itu, yang hingga kini bahkan mayatnya tidak pernah ditemukan.

Pada saat pembangunan kawasan wana wisata Ranca Upas, hanya seorang juru kunci yang bisa melakukan pemanggilan pada rusa-rusa dan memberinya makan langsung. Atas jasanya itulah hingga kini para rusa itu bisa berinteraksi dengan para wisatawan yang datang ke sana.

Baca Juga:Geger Kerusakan Lingkungan di Ranca Upas, Berikut 7 Surat Izin yang Dikantongi Penyelenggara Event Motor Trail

Wana Wisata Ranca Upas. [Mustafa Iman/Poptren]
Wana Wisata Ranca Upas. (sumber: Mustafa Iman/Poptren)

Tak ada yang menampik jika Ranca Upas memang memiliki pemandangan yang memanjakan mata serta hawa yang sejuk. Kamu bisa menikmati keindahan pegunungan dan pepohonan di sekitarnya.

Jika membawa keluarga--terutama anak-anak--disarankan jangan lupa membawa jaket tebal, karena menjelang sore udara di Ranca Upas bisa sangat dingin.

Sementara bagi kamu yang ingin berkemah di Ranca Upas, bisa menyewa tenda serta perlengkapannya di warung-warung yang ada di dalam tempat wisata ini. Sewa tenda di sana cukup terjangkau tergantung besarnya tenda. Sedangkan untuk fasilitas kamar mandi dan tempat beribadahnya cukup terawat.

Reading

Terkini

Putri Nikita Mirzani Lolly sedang panik lantaran sang ibu sudahtak mau lagimembiayai sekolahnya di London, Inggris.

Screen | 07:59 WIB

Dalam episode pertamannya diputar, Jennie sudah beradegan agak sensual.

Screen | 06:20 WIB

Kelainan darah karena faktor keturunan disebut Talasemia

Screen | 12:48 WIB

Sosok Putri Ariani kini tengah menjadi sorotan warganet lantaran berhasil mendapatkan golden buzzer di America's Got Talent 2023.

Music | 11:11 WIB

Face contouring merupakan perawatan wajah yang beberapa tahun belakangan ini sedang tren lantaran paling banyak diminati.

Reading | 06:17 WIB

Usai heboh kasus video syur yang dikaitkan dengan dirinya, Rebecca Klopper menyampaikan permintaan maafnya ditemani Fadly Faisal.

Screen | 11:11 WIB

Rebecca Klopper ternyata sudah mendatangi kepolisian pada Mei lalu. Kedatangannya untuk melaporkan video syur 47 detik yang diduga mirip dirinya.

Screen | 10:32 WIB

Pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie kandas di babak awal Singapore Open 2023.

Reading | 09:55 WIB

Dunia medis dan kedokteran disimbolkan dengan ular yang melilit sebuah tongkat

Reading | 09:50 WIB

Rebecca Klopper akhirnya muncul ke publik didampingi fadly Faisal. Dia memberikan klarifikasi soal video syur 47 detik. Wanita berdarah Indonesia-Australia itu meminta maaf atas kegaduhan yang diakibatkan video yang mirip dengan dirinya.

Screen | 08:16 WIB

Rapat koordinasi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU.

Metropolitan | 06:52 WIB

"Ini makanya mereka ini dilatih yang mau pelatihan, biar mampu mendapatkan keahlian buat bekerja atau usaha," kata Heru.

Metropolitan | 00:42 WIB

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis merinci ada 15 korban yang diselamatkan di sebuah rumah penampungan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Rabu (7/6/2023).

Metropolitan | 21:32 WIB

"Jadi tiang-tiang Stasiun LRT Velodrome menjadi tersangka terjadinya banjir," ujar Taufik.

Metropolitan | 21:24 WIB

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengaku bakal fokus mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setelah Jakarta tak lagi menjadi ibu kota.

Metropolitan | 19:27 WIB

Indah Permatasari sudah sejak lama mematangkan rencana untuk tetap bekerja di tengah perannya sebagai ibu.

Gosip | 11:50 WIB

Warganet ikut bahagia dan salah tingkah melihat Luna Maya dan Maxime Bouttier yang mulai go public soal hubungannya.

Gosip | 11:33 WIB

Rebecca Klopper tidak secara eksplisit mengakui atau menyangkal bahwa video tersebut adalah dirinya.

Gosip | 11:30 WIB

Setelah curhatan Lolly tersebut menjadi viral, Nikita diduga telah terbang ke Eropa untuk menemui putrinya.

Gosip | 11:01 WIB

Baim Wong harus menelan pil pahit karena niat berangkat haji harus batal.

Gosip | 10:55 WIB
Tampilkan lebih banyak