Cantiknya Buah Semangka dan Deretan Manfaatnya untuk Kesehatan

Selain warnya yang cantik dan rasanya yang segar, semangka juga bermanfaat untuk kesehatan

Widia
Selasa, 31 Januari 2023 | 07:55 WIB
Cantiknya Buah Semangka dan Deretan Manfaatnya untuk Kesehatan
Buah semangka (Freepik)

Poptren.suara.com - Buah semangka adalah salag satu buah yang banyak airnya. Selain itu rasanya enak dan segar, sehingga tidak jarang buah semangka cukup sering dijadikan pereda haus. Buah dengan kulit berwarna hijau ini memiliki bagian dalam yang berwarna merah dengan biji yang banyak.

Dengan rutin mengonsumsi buah semangka maka akan mendapat khasiat yang baik untuk tubuh karena semangka mengandung nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa lain yang berperan penting. Tidak hanya itu, dikutip dari beberapa sumber, semangka juga memiliki kegunaan lain, seperti memberikan efek kenyang lebih lama dan ampuh menjaga seseorag terhidrasi.

Dikutip dari beberapa sumber, semangka juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, diantaranya ialah semangka bagus untuk kesehatan jantung. Tahukah kamu, dalam satu buah semangka dengan berat 280 gram, terdapat 31 persen jumlah harian vitamin A yang direkomendasikan untuk tubuh yang tentu saja mendukung fungsi penglihatan dan membantu memelihara kesehatan organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan paru-paru.

Selain itu, semangka mampu mengeluarkan racun. Mengapa ? Karena semangka kaya akan serat sehingga nutrisinya mampu membantu tubuh mengeluarkan racun sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan. Tingginya serta dalam semangka juga bisa mengekang keinginan seseorang untuk makan berlebih.

Baca Juga:Beberapa Manfaat Buah Semangka Merah

Tidak hanya itu, ternyata semangka juga diklaim mampu untuk mencegah kanker. Semangka mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Dalam satu porsi buah semangka menyediakan 37 persen dari vitamin C harian yang direkomendasikan untuk tubuh. Selain itu, vitamin C dalam semangka terbukti berperan meningkatkan kesehatan jantung, mambantu dalam mencegah serangan penyakit kronis kanker, dan membantu melawan gejala flu biasa.

Semangka juga dapat bantu mencegah pembentukan batu ginjal. Karena di dalam semangka terkandung senyawa antioksidan yang bermanfaat terhadap kesehatan ginjal. Perlu diingat untuk tetap berhati-hati, karena  terlalu banyak asupan kalium justru berbahaya, terutama bagi orang yang yang menderita sakit ginjal.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Reading

Terkini

Tampilkan lebih banyak