Scroll untuk membaca artikel
Senin, 05 Desember 2022 | 17:12 WIB

Deretan Makanan Bantu Kurangi Jerawat pada Kulit Wajah yang Berminyak

Widia
Deretan Makanan Bantu Kurangi Jerawat pada Kulit Wajah yang Berminyak
Ilustrasi brokoli (Freepik)

Poptren.suara.com - Makanan atau minuman memiliki kaitan yang erat dengan kulit. Ada satu kalimat yang menyatakan, 'apa yang kamu makan, maka akan terlihat di wajah'.  Seseorang yang suka makan makanan yang digoreng, atau makanan yang termasuk kategori junk food, lambat laun akan tumbuh jerawat di wajahnya. Ditambah pula orang tersebut memiliki jenis kulit berminyak.

Makanan yang digoreng mampu meningkatkan produksi sebum dan juga kulit yang berminyak dapat menghasilkan lebih banyak minyak yang menyebabkan jerawat. Maka jika ingin menghindari tumbuhnya jerawat, perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Jangan risau, menghindari bukan berarti tidak makan sama sekali. Dilansir dari laman Health Shots, masih ada makanan dan juga minuman yang bisa dikonsumsi yang mampu menjaga produksi sebum pada kulit wajah, diantaranya :

1. Air kelapa

Baca Juga:Efek Terlalu Sering Konsumsi Kopi, Bukan Sehat Tapi Justru Memicu Masalah pada Kulit

Air kelapa dapat membantu merehidrasi kulit dan menjaga keseimbangan minyak pada kulit, sehingga mampu mencegah jerawat. Air kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi risiko masalah kulit.

2. Mentimun

Fitoterapia dalam jurnalnya menerbitkan sebuah studi yang mencatat bahwa mentimun memiliki efek menenangkan pada kulit yang berfungsi membersihkan kulit, menghilangkan semua racun dan kotoran sekaligus menghindari jerawat dan akumulasi minyak. Apabila seseorang terbiasa mengoleskan mentimun di wajah, maka kulit menjadi halus.

3. Lemon

Lemon adalah makanan utama untuk kulit yang berminyak. Lemon membantu menyerap kandungan minyak berlebih pada kulit sekaligus menghilangkan racun dari tubuh yang memberi tekstur baik pada kulit.

Baca Juga:Sahabat Kulit Sensitif ! Minyak Calendula dan Manfaatnya

Tidak hanya dikonsumsi, tapi kendungan vitamin C pada lemon yang apabila dioleskan ke kulit, maka akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

4. Brokoli

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada brokoli menjadi sahabat bagi kulit. Brokoli juga mengandung antioksidan tinggi yang bantu mencegah produksi minyak berlebih.

5. Pisang

Pisang mengandung vitamin E  yang dikenal sebagai serum kecantikan alami. Selain itu, pisang juga bersifat antibakteri. Itulah mengapa  menggosok kulit pisang atau tumbuk pisang di area yang berjerawat memberi kelegaan instan dari masalah jerawat. Karena produksi sebum yang berlebih bisa terjadi karena kekurangan potasium, fosfor, dan magnesium dalam tubuh.

6. Cokelat hitam

Kandungan flavonoid pada cokelat hitam membantu mencegah peradangan jerawat. Antioksidan yang kuat juga mampu membuat kulit halus dan bercahaya. Namun konsumsila dalam batas wajar.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber nutrisi yang bagus. Karena kulit membutuhkan dosis nutrisi yang sehat untuk mempertahankan tingkat produksi sebum. Tidak heran kacang-kacangan dalah makanan super yang harus dimiliki oleh orang-orang yang berurusan dengan kulit berminyak.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Reading

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda