Perbedaan Paskibra dan Paskibraka Serta Tugas dan Formasinya

Apa perbedaan Paskibra dan Paskibraka? Simak penjelasannya dibawah ini

Nisfuri Nur Syabani
Kamis, 18 Agustus 2022 | 04:00 WIB
Perbedaan Paskibra dan Paskibraka Serta Tugas dan Formasinya
Anggota Paskibraka membawa bendera pusaka ([Istimewa])

Poptren.suara.com - Banyak orang yang masih bingung, apa perbedaan Paskibra dan Paskibraka. Diambil dari beberapa sumber, berikut penjelasannya.

Pada dasarnya, istilah Paskibra dan Paskibraka dibedakan dari tingkat wilayah mereka bertugas. Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, sedangkan Paskibra adalah Pasukan Pengibar Bendera.

Jika Paskibraka bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional, maka Paskibra bertugas ditingkat yang lebih kecil seperti sekolah atau instansi lainnya.

Sementara itu, bagi Paskibraka yang sudah selesai melaksanakan tugasnya, mereka disebut sebagai Purna Paskibraka Indonesia.

Baca Juga:Momen Lomba Balap Karung Bapak-bapak Viral, Istri : Pak Syarif Terlalu Tegang

Berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 0065 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, anggota Paskibraka berasal dari pelajar SMA atau sederajat dari kelas 10 dan atau kelas 11.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan putra-putri terbaik bangsa, kader pemimpin bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang melalui sistem dan mekanisme pendidikan dan pelatihan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta penguatan aspek mental dan fisik agar memiliki kemampuan prima dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka. 

Formasi Pasukan Paskibraka :

Petugas Paskibraka memiliki formasi khusus yang menjadi ciri khas dandiambil dari nilai historis kemerdekaan RI.

Kelompok 17

Baca Juga:Belasan ASN Pemprov DKI Telat Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI di Monas

Diambil dari tanggal proklamasi, kelompok berjumlah 17 orang ini mengambil posisi paling depan dan bertugas sebagai pemandu sekaligus pengiring pasukan. Pemimpinnya disebut Komandan Kelompok (DanPok).

Kelompok 8

Kelompok ini terdiri dari 8 orang dan posisinya di belakang kelompok 17 sebagai pasukan inti yang membawa duplikat Bendera Pusaka Merah Putih.

Dua petugas putri berperan sebagai pembawa bendera dengan satu orang  membawa baki bendera utama (Pembawa Baki 1) dan yang lainnya berperan sebagai petugas cadangan (Pembawa Baki 2).

Untuk tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi, petugas ini dikawal oleh empat anggota TNI atau POLRI bersenjata sedangkan di tingkat nasional yaitu di Istana Merdeka, mereka dikawal anggota Yonwalprotneg Paspampres.

Lalu tiga pengibar lainnya bertugas masing-masing membentangkan bendera, petugas posisi tengah sebagai Komandan Kelompok 8 sekaligus pengerek tali bendera dan satu putra lainnya berperan sebagai pengerek tali bendera dengan tiga putri Paskibraka di saf belakang berperan sebagai pagar pasukan.

Pasukan 45

Posisinya di belakang Kelompok 8 dan membawa senapan. Pasukan 45 berperan sebagai pengawal/pengaman kehormatan dengan fungsi simbolis. Mereka adalah anggota dari TNI atau POLRI. Untuk tingkat nasional terdiri dari pasukan 45 terdiri anggota Yonwalprotneg Paspampres.

Merujuk laman paskibraka-jp.or.id, ide Paskibraka lahir tahun 1946, tepatnya saat ibu kota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. 

Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama, Presiden Soekarno memerintahkan ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. 

Pada saat itu, memiliki gagasan sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, sebagai generasi penerus bangsa.

Sumber : Suara.com

Reading

Terkini

Denise Chariesta mengatakan bahwa pria tersebut adalah seorang pengusaha.

Screen | 15:28 WIB

Lesti Kejora menyanyikan lagu 'Sekali Seumur Hidup' di Dangdut Academy 5, berikut lirik lagunya

Music | 13:03 WIB

"Ya kemarin alhamdulillah bisa mengenalkan ke keluarga besar," ujar Thariq.

Screen | 10:01 WIB

Ada banyak kode redeem yang bisa ditukar. Beberapa diantaranya bahkan masuk kategori baru.

Tech | 09:25 WIB

lirik dan makna lagu Anything You Want yang dipopulerkan oleh Reality Club

Music | 09:00 WIB

Pemain harus cepat menukar kode redeem ML 30 September 2022.

Tech | 08:18 WIB

netizen menganggap moment keromantisan Rizky Febian dan Mahalini terlalu vulgar

Screen | 23:29 WIB

Denise Chariesta membeberkan kalau dia pernah menjadi pelakor selama 4 tahun dan lelaki tersebut adalah suami dari host terkenal.

Screen | 23:00 WIB

Moment emak-emak adu mulut dengan pengemudi mobil yang memasuki jalur busway

Screen | 22:06 WIB

salah satu warga sekitar mencium aroma tak sedap ternyata mereka menemukan seorang warga yang sudah tak bernyawa

Screen | 21:00 WIB

Tak selang lama, Cak Imin disebut masuk ke kabinet pemetintahan SBY. Saat ditanya apakah ada pengaruh SBY dalam pelengseran Gus Dur di PKB, Priyo tak menjawab jelas.

Metropolitan | 19:56 WIB

Ada akses khusus di Bareskrim yang tak bisa dilewati oleh awak media.

Metropolitan | 15:12 WIB

BMI menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di permukiman penduduk Jalan Cikini, Pegangsaan.

Metropolitan | 13:43 WIB

Kuasa hukum Brigadir J menyebut ada 'doa' alias dorongan amplop dari Ferdy Sambo dan istrinya, tetapi kini Putri Candrawathi malah dibela oleh eks pentolan KPK.

Metropolitan | 12:18 WIB

Jakarta Innovation Days mengusung tema "Bersama Berinovasi".

Metropolitan | 12:00 WIB

Selain anggota DRPD, Idham Mase calon suami Catherine Wilson juga seorang pengusaha kuliner.

Gosip | 20:12 WIB

Kim Hawt membongkar sumber penghasilan Rizky Billar yang berasal dari waria yang menjadikannya simpanan demi menghidupi Lesti Kejora.

Gosip | 19:41 WIB

Kim Hawt membongkar fakta di balik pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora yang terjadi akibat kecelaan saat mabuk hingga hamil duluan.

Gosip | 19:19 WIB

Lewat Twitter, Ananta Rispo meledek Rizky Billar karena punya kesamaan nama tapi karakternya jauh berbeda.

Gosip | 19:18 WIB

Regi Datau pernah berjanji tidak akan tergoda pelakor kepada Ayu Dewi empat tahun lalu, sebelum muncul kabar perselingkuhannya dengan Denise Chariesta.

Gosip | 19:03 WIB
Tampilkan lebih banyak