Aktivitas Ekstrem yang Bisa Dicoba saat Berlibur ke Lombok

Berlibur ke Lombok akan terasa kurang lengkap apabila tidak mencoba aktivitas ekstrem disana. Simak apa saja aktivitas yang bisa dicoba di bawah ini

Nisfuri Nur Syabani
Kamis, 18 Agustus 2022 | 03:13 WIB
Aktivitas Ekstrem yang Bisa Dicoba saat Berlibur ke Lombok
Subwing ((Istimewa))

Poptren.suara.com - Keindahan Pulau Lombok pastinya sudah tidak diragukan lagi, pesona wisata Pulau Seribu Masjid ini seakan tak pernah ada habisnya. Di Lombok kini telah hadir berbagai jenis aktivitas atau olahraga ekstrem yang siap memompa adrenalin dan membawamu pergi jauh dari zona nyaman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meyakini bahwa potensi wisata berbasis olahraga mampu menjadi pendongkrak pemulihan ekonomi Tanah Air.

“Saya meyakini sport tourism menjadi destinasi yang memenangkan (ekonomi) Indonesia, Lombok dan Nusa Tenggara Barat semakin populer dan diminati wisatawan, sehingga bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan peluang usaha bagi masyarakat lokal,” kata Sandiaga.

Beberapa aktivitas ekstrem yang bisa dicoba saat liburan di Lombok, yakni :

Baca Juga:Produk Kerajinan Warga Binaan Lapas Purwakarta Dapat Apresiasi dari Kodim 0619

1. Subwing

Di Gili Trawangan, kamu bisa mencoba sensasi terbang di bawah laut dengan menggunakan papan yang telah didesain khusus dan ditarik menggunakan perahu yang dikenal dengan nama subwing. Permainan ini masih cukup jarang di Indonesia. Jadi, kamu bisa menjadi salah satu dari hanya sedikit orang Indonesia yang pernah mencobanya.

Untuk menikmati sensasi terbang di bawah laut, para wisatawan perlu mengeluarkan uang sekitar Rp450.000,00 per orang dengan durasi trip sekitar 4 jam dan durasi permainan masing-masing 2x25 menit per orang dalam 1 trip. Harga tersebut sudah termasuk kapal, peralatan subwing, dan juga pemandu.

2. Snorkeling dan Scuba Diving

Snorkeling dan scuba diving merupakan kegiatan rekreasi bawah laut yang bisa menjadi petualangan cukup mendebarkan, tergantung pada tingkat pengalaman yang kamu miliki. Scuba diving membutuhkan keahlian menyelam yang baik dan berbagai macam peralatan yang rumit, sementara snorkeling jauh lebih sederhana. Kamu hanya perlu kemampuan berenang, mengenakan baju pelampung sebagai safety, pin kaki untuk membuatmu lebih seimbang ketika mengapung di atas air, goggle untuk membantu pernapasan, dan mask untuk menutupi mata agar tidak perih terkena air laut.

Baca Juga:Harga Tiket Pesawat Jakarta-Singapura Mahal, Pengunjung Pilih Naik Feri dari Batam

Dengan snorkeling wisatawan bisa melihat keindahan terumbu karang dan biota laut yang menghuninya, menikmati pesona Bask Nest (patung bawah laut) di Gili Meno, melihat istana penyu di Meno Wall dan juga memberi makan ikan di beberapa titik di Gili Air dan juga Gili Trawangan.         Namun bagi yang ingin menyelam lebih dalam, wisatawan bisa mencoba scuba diving, menyelam, dan berenang di antara ratusan hiu di Shark Point, berada di antara ribuan ikan pari di Manta Point, dan sejumlah spot lainnya yang tersebar di Gili Indah.

Biaya snorkeling trip berkisar antara Rp1.000.000,00 sampai Rp1.500.000,00 per kapal yang bisa menampung maksimal 12 orang. Harga tersebut sudah termasuk kapal, peralatan snorkeling, safety guard, dan juga dokumentasi.

Sementara scuba diving yang memerlukan berbagai jenis peralatan dan juga instruktur profesional berlisensi membutuhkan biaya sekitar Rp900.000,00 sampai Rp1.500.000,00 per orang untuk kategori pengenalan scuba dive dan sekitar Rp3.500.000,00 sampai Rp15.000.000,00 per orang untuk kategori kursus sesuai dengan level dan jenis kursus yang diinginkan.

3. Surfing

Bagi sebagian orang, surfing mungkin adalah hal yang biasa, tetapi bagi pemula, tentunya perjuangan melawan ombak ini adalah hal yang sangat memacu adrenalin, bahkan mungkin menakutkan.

Tak bisa dipungkiri banyak tempat wisata di dunia diawali dengan kunjungan para surfers atau peselancar yang tertarik untuk menaklukkan ombak di masing-masing tempat tersebut, termasuk Pulau Lombok.

Seperti halnya Bali, Pulau Lombok juga pada awalnya dikenal sebagai salah satu surga bagi para peselancar karena memiliki banyak spot ideal untuk surfing. Bahkan Pantai Bangko Bangko atau Desert Point di Sekotong, Lombok Barat diakui secara internasional sebagai spot surfing dengan ‘Left Hands Break’ terbaik di dunia.

Selain Pantai Bangko Bangko, spot surfing yang populer adalah Gerupuk, Ekas, Mawi, Lancing, Aregoling, Selong Belanak, Serangan, Senggigi, dan Pantai Alang alang. Biaya surfing relatif murah bahkan gratis, jika kamu memiliki papan surfing sendiri dan sudah mahir.

Sedangkan untuk pemula yang ingin belajar surfing biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp200.000,00 sampai Rp300.000,00 per jam. Harga tersebut sudah termasuk papan dan instruktur. Sementara untuk penyewaan papan saja berkisar antara Rp75.000,00 sampai Rp100.000,00 per jam.

Tempat belajar surfing yang paling populer saat ini adalah di Pantai Selong Belanak karena memiliki ombak yang relatif aman bagi pemula dan penyedia jasa kursus surfing tersedia di sepanjang pantai.

4. Rafting & River Tubing

Bagi yang ingin menikmati keindahan sungai di Lombok dengan cara yang berbeda, kamu bisa mencoba rafting & river tubing. Menjelajahi aliran sungai dengan menggunakan ban khusus yang sudah dilengkapi pengaman (river tubing) atau ingin menaklukkan derasnya arus sungai menggunakan perahu karet (rafting).

Salah satu hal yang paling menyenangkan dari kedua kegiatan ini adalah berteriak bersama ketika berhasil melewati rintangan berupa bebatuan terjal atau bahkan air terjun kecil yang menghiasi badan sungai. Jadi, kegiatan ini paling cocok dilakukan ramai-ramai.

Biaya rafting per-orang berkisar antara Rp200.000,00 sampai dengan Rp300.000,00 untuk 1 Rit perjalanan dari hulu sungai menuju finish point dengan jarak tempuh sekitar 3 km.

5. Mountain Hiking

Banyak yang mengatakan bahwa untuk bisa melihat sisi terindah dari Pulau Lombok, kita harus menaklukkan Rinjani dan berdiri tepat di puncaknya yang berada di ketinggian 3.726 mdpl. Silakan buktikan.

Pendakian Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia ini tentunya memerlukan perjuangan yang sama sekali tidak mudah. Untuk bisa mencapai puncak, kamu harus mendaki meyusuri hutan, sabana, dan banyak perbukitan selama minimal 2 hari 1 malam perjalanan.

Saat ini terdapat lima jalur pendakian resmi dari Taman Nasional Gunung Rinjani, yaitu : Jalur Sembalun, Jalur Senaru, Jalur Torean, Jalur Timba Nuh, dan Jalur Aiq Berik. Tiket masuk Gunung Rinjani adalah Rp25.000,00 per orang untuk pendaki domestik dan Rp75.000,00 per orang untuk pendaki mancanegara. Harga tersebut belum termasuk jasa angkut barang dan guide.

Harga di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kepada waktu kunjungan yang biasanya dikategorikan berdasarkan musim liburan; low season, mid season, dan high season. Hal ini juga berlaku terhadap harga sewa penginapan dan tiket pesawat.

Sebelum mencoba aktivitas atau olahraga ekstrem tersebut, pastikan kamu sudah vaksin booster dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel.

Sumber : Suara.com

Reading

Terkini

Denise Chariesta mengatakan bahwa pria tersebut adalah seorang pengusaha.

Screen | 15:28 WIB

Lesti Kejora menyanyikan lagu 'Sekali Seumur Hidup' di Dangdut Academy 5, berikut lirik lagunya

Music | 13:03 WIB

"Ya kemarin alhamdulillah bisa mengenalkan ke keluarga besar," ujar Thariq.

Screen | 10:01 WIB

Ada banyak kode redeem yang bisa ditukar. Beberapa diantaranya bahkan masuk kategori baru.

Tech | 09:25 WIB

lirik dan makna lagu Anything You Want yang dipopulerkan oleh Reality Club

Music | 09:00 WIB

Pemain harus cepat menukar kode redeem ML 30 September 2022.

Tech | 08:18 WIB

netizen menganggap moment keromantisan Rizky Febian dan Mahalini terlalu vulgar

Screen | 23:29 WIB

Denise Chariesta membeberkan kalau dia pernah menjadi pelakor selama 4 tahun dan lelaki tersebut adalah suami dari host terkenal.

Screen | 23:00 WIB

Moment emak-emak adu mulut dengan pengemudi mobil yang memasuki jalur busway

Screen | 22:06 WIB

salah satu warga sekitar mencium aroma tak sedap ternyata mereka menemukan seorang warga yang sudah tak bernyawa

Screen | 21:00 WIB

Ada akses khusus di Bareskrim yang tak bisa dilewati oleh awak media.

Metropolitan | 15:12 WIB

BMI menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di permukiman penduduk Jalan Cikini, Pegangsaan.

Metropolitan | 13:43 WIB

Kuasa hukum Brigadir J menyebut ada 'doa' alias dorongan amplop dari Ferdy Sambo dan istrinya, tetapi kini Putri Candrawathi malah dibela oleh eks pentolan KPK.

Metropolitan | 12:18 WIB

Jakarta Innovation Days mengusung tema "Bersama Berinovasi".

Metropolitan | 12:00 WIB

Prof Tjipta Lesmana menilai Partai Demokrat mulai kalang kabut dengan rendahnya elektabilitas partai dan kini berusaha mencari kambing hitam untuk masalah tersebut.

Metropolitan | 11:56 WIB

Rizky Billar diduga pernah menjadi gigolo atau pria sewaan.

Gosip | 18:41 WIB

Regi Datau dan Ayu Dewi menjadi trending di Google.

Gosip | 18:31 WIB

Bunga Zainal ikut diserang warganet karena namanya sempat berkomentar di unggahan Devina Kirana, pesinetron yang diduga menjadi selingkuhan Rizky Billar.

Gosip | 18:17 WIB

Drama Chicken Nugget akan tayang di Netflix.

Gosip | 18:16 WIB

Dua orang yang melihat peristiwa KDRT Rizky Billar terhadap Lesti Kejora akan dijadikan saksi.

Gosip | 18:05 WIB
Tampilkan lebih banyak