Kenali Perbedaan Espresso, Americano, dan Latte

Perbedaan Espresso, Americano dan Latte, kenali dulu perbedaan ketiganya agar tidak salah memesan kopi, dan berujung menyesal

Nisfuri Nur Syabani
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 02:30 WIB
Kenali Perbedaan Espresso, Americano, dan Latte
Ilustrasi Coffee Art atau kopi. (Pexels/Chevanon Photography)

Poptren.suara.com - Saat datang ke kedai kopi pasti akan menemukan beragam menu. Tiga yang populer biasanya espresso, americano, dan latte. Bukan hanya namanya yang berbeda, rasa pada setiap kopi itu juga sangat berbeda tergantung dengan komposisi kopi, air, juga campuran susu. 

Perbedaan antara espresso, americano, dan latte :

"Kalau espresso sendiri pengertiannya adalah saripati kopi. Jadi kopi di growing tanpa dicampur apa-apa, saripatinya itu yang kita sebut espresso," jelas barista Max Coffee Michael ditemui di Max Coffee Kemang Village, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022.

Turunan dari espresso itu kemudian disebut americano. Michael menjelaskan bahwa sederhananya kopi americano ialah espresso yang diberi air panas. Sehingga rasanya tidak sekuat espresso yang bisa jadi sangat pahit. Berbeda lagi dengan kopi latte.

Baca Juga:Ingin Hirup Cita Rasa Kopi Alami, Metode Chemex Bisa Jadi Pilihan

"Sedangkan kalau coffee latte adalah kopi dengan susu. Yaitu espresso dicampur dengan milk. Sedangkan Americano adalah campuran dari espresso dan air panas saja. Jadi itu perbedaan dari ketiga minuman yang biasanya ada di coffee shop," terangnya.

Selain menunya berbeda, barista juga biasanya menawarkan pelanggan kopi yang diinginkan dingin atau panas. Michael mengatakan, pilihan itu hanya perlu disesuaikan dengan selera konsumen. 

Hanya saja, menurutnya, khusus kopi espresso dan americano memang lebih direkomendasikan diminum saat panas.

"Kalau kita berbicara tentang espresso, americano, di mana itu tanpa campuran air panas, sebaiknya dikonsumsi saat panas. Karena saat panas itu flavor yang dirasakan kopi tersebut lebih maksimal," sarannya.

Bagi orang awam yang baru akan mencoba minum kopi, Michael menyarankan untuk mulai mencoba menu latte. Sebab, minuman latte biasanya tidak mengandung terlalu banyak kopi dan rasanya cenderung manis.

Baca Juga:Gara-Gara Masalah Lelet Buat Kopi untuk Tamu, Suami Istri Bertengkar sampai Debatkan Soal Pahala Buat Minuman dan Salat

"Kalau mau yang hot, lebih ke pakai flavor dulu. Misalnya vanilla latte ataupun bisa membeli Latte Cinta Bangsa dari Max Coffe karena itu menggunakan ingredients lain, jadi nggak pure kopi dan susu aja," kata Michael.

Apabila merasa bisa menikmati minuman latte tersebut, perlahan bisa mulai mengganti menu lain dengan menghilangkan campuran vanila. Sehingga pilihan latte hanya campuran kopi dan susu saja. Setelah itu, tinggal menyesuaikan takaran antara susu dan kopi.

"Kalau kita sudah bisa menerima, kita hilangkan susunya tapi pelan-pelan. Dari yang seharusnya susu full, kita bikin jadi 3/4 setelah itu kita bikin setengah, lama-lama itu bisa jadi black coffee," tuturnya.

Sumber : Suara.com

Screen

Terkini

Cinta ditolak, dukun bertindak. Ilmu pelet dijadikan solusi

Reading | 19:06 WIB

Kenali gejala dan pelajari cara mencegah serta mengendalikan tingkat asam urat

Reading | 13:13 WIB

Lesti Kejora menyanyikan lagu 'Sekali Seumur Hidup' di Dangdut Academy 5, berikut lirik lagunya

Music | 13:03 WIB

Ada banyak kode redeem yang bisa ditukar. Beberapa diantaranya bahkan masuk kategori baru.

Tech | 09:25 WIB

lirik dan makna lagu Anything You Want yang dipopulerkan oleh Reality Club

Music | 09:00 WIB

Pemain harus cepat menukar kode redeem ML 30 September 2022.

Tech | 08:18 WIB

Beberapa Manfaat Niacinamide Untuk Wajah

Reading | 08:00 WIB

salah satu warga sekitar mencium aroma tak sedap ternyata mereka menemukan seorang warga yang sudah tak bernyawa

Screen | 21:00 WIB

tips mengatasi pori-pori wajah yang besar

Reading | 20:12 WIB

Kecoa bagi banyak orang adalah makhluk menjijikkan. Ada cara-cara ampuh untuk usir serangga itu

Reading | 19:07 WIB

Tak selang lama, Cak Imin disebut masuk ke kabinet pemetintahan SBY. Saat ditanya apakah ada pengaruh SBY dalam pelengseran Gus Dur di PKB, Priyo tak menjawab jelas.

Metropolitan | 19:56 WIB

Ada akses khusus di Bareskrim yang tak bisa dilewati oleh awak media.

Metropolitan | 15:12 WIB

BMI menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di permukiman penduduk Jalan Cikini, Pegangsaan.

Metropolitan | 13:43 WIB

Kuasa hukum Brigadir J menyebut ada 'doa' alias dorongan amplop dari Ferdy Sambo dan istrinya, tetapi kini Putri Candrawathi malah dibela oleh eks pentolan KPK.

Metropolitan | 12:18 WIB

Jakarta Innovation Days mengusung tema "Bersama Berinovasi".

Metropolitan | 12:00 WIB

Selain anggota DRPD, Idham Mase calon suami Catherine Wilson juga seorang pengusaha kuliner.

Gosip | 20:12 WIB

Kim Hawt membongkar sumber penghasilan Rizky Billar yang berasal dari waria yang menjadikannya simpanan demi menghidupi Lesti Kejora.

Gosip | 19:41 WIB

Kim Hawt membongkar fakta di balik pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora yang terjadi akibat kecelaan saat mabuk hingga hamil duluan.

Gosip | 19:19 WIB

Lewat Twitter, Ananta Rispo meledek Rizky Billar karena punya kesamaan nama tapi karakternya jauh berbeda.

Gosip | 19:18 WIB

Regi Datau pernah berjanji tidak akan tergoda pelakor kepada Ayu Dewi empat tahun lalu, sebelum muncul kabar perselingkuhannya dengan Denise Chariesta.

Gosip | 19:03 WIB
Tampilkan lebih banyak